Pembukaan ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder

Kamis, 8 Juli 2021, ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder resmi dibuka. Pembukaan dilaksanakan secara daring melalui website www.artjog.id, kanal media sosial Instagram @artjog.id dan kanal YouTube Kill the TV. Acara ini dipandu oleh Marzuki Mohammad dan kemudian diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Pembukaan ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder dihadiri oleh jajaran pemerintahan pusat dan daerah, sektor swasta, seniman partisipan, dan pengelola festival, segenap pendukung dan pencinta seni.

Download
Pers Conference ARTJOG MMXXI : Arts in Common - Time (to) Wonder

Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG akan kembali hadir di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, pada 8 Juli hingga 31 Agustus 2021. Setelah tahun lalu menghelat ARTJOG Resilience yang merespon situasi pandemi, ARTJOG kali ini berupaya kembali ke skema kuratorial yang telah mereka canangkan sejak 2018. Meneruskan edisi kedua dari trilogi pameran arts in common, festival edisi tahun ini dibingkai dengan tajuk Time (to) Wonder. Mengangkat ihwal ‘waktu’ sebagai konsep kunci, pameran ini akan menampilkan karya-karya mutakhir 41 seniman (perorangan maupun kelompok) yang semuanya tinggal dan bekerja di Indonesia.

Download
ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder Akhirnya Digelar

Kondisi di Indonesia akibat pagebluk Covid-19 tahun 2020 lalu memaksa ARTJOG untuk menunda perhelatan edisi tahun 2020 (MMXX) yang mengusung tajuk time (to) wonder dan menggantikannya dengan sebuah edisi tanggap darurat, ARTJOG Resilience, untuk merespon kondisi saat itu. Pada akhirnya, tahun ini ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder akan diselenggarakan pada 8 Juli-31 Agustus 2021 di Jogja National Museum dengan menerapkan sistem kunjungan terbatas dan protokol kesehatan yang berlaku.

Download
SEREMONI PENUTUPAN SEDERHANA DI ARTJOG: RESILIENCE

Di tengah ombang-ambing situasi yang tak pasti akibat pandemi, ARTJOG: Resilience tetap mampu terselenggara dengan lancar tahun ini. Dengan semangat “belajar sambil melakukan”, pengelolaan festival dengan metode daring dan fisik berhasil dihadirkan. Untuk tetap setia pada semangat bahwa ARTJOG adalah ruang mempertemukan berbagai gagasan dan praktik berkesenian, serta mendekatkan hal tersebut ke hadapan publik.

Download
EXPANDED ARTJOG: RESILIENCE

Setelah membuka kunjungan langsung di tanggal 7 September 2020 selanjutnya ARTJOG: Resilience menghadirkan Expanded ARTJOG. Expanded ARTJOG adalah karya audiovisual untuk menikmati dan mengalami festival seni kontemporer ini secara daring. Di masa pandemi Covid-19, pertemuan antar manusia dibatasi, kerumunan dihindari, dan kebersihan diri menjadi kunci. Sebagai sebuah ruang yang selalu mempertemukan manusia, karya, dan gagasan, hal ini tentu saja menjadi suatu tantangan.

Download
ARTCARE INDONESIA

Artcare merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh komunitas Soboman 219, Yogyakarta. Komunitas ini dihadirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dari kalangan seniman. Artcare menjalankan perannya sebagai kegiatan sosial pertama kali pada saat bencana gempa Jogja pada 2006 dan bencana erupsi Merapi pada 2010. Saat ini, pandemi Covid-19 telah menempatkan publik dalam tekanan, baik tekanan kesehatan maupun ekonomi. Tidak terkecuali seniman dan pegiat seni. Berangkat dari kegelisahan tersebut, Artcare hadir kembali dengan semangat kemanusiaan dan membantu sesama. Tahun ini Artcare dikelola oleh Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya dan dihelat bersamaan dengan ARTJOG: Resilience.

Download
Pulang ke Uttara

Festival seni kontemporer tahunan, ARTJOG telah resmi dibuka pada 8 Agustus 2020 lalu, dan akan berlangsung hingga hingga 10 Oktober 2020 mendatang. ARTJOG tahun ini dapat dinikmati secara daring di www.artjog.co.id. Rencananya, pada bulan September 2020, ARTJOG dapat dikunjungi secara terbatas di Jogja National Museum, dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Dihelat di tengah situasi pandemi seperti saat ini, ARTJOG membuat beberapa penyesuaian dalam penyelenggaraannya. Beberapa program terpaksa ditiadakan karena rentan menimbulkan kerumunan sehingga beresiko menimbulkan persebaran Covid-19.

Download
ARTJOG 2020: RESILIENCE

Festival seni kontemporer, ARTJOG akan kembali menggelar perhelatannya pada tahun 2020. Dengan mengusung tema “Resilience”. ARTJOG menawarkan semangat untuk terus bergerak dan menguji ketahanan ARTJOG sebagai sebuah festival yang telah berlangsung selama 12 tahun. Perhelatan ARTJOG kali ini akan disuguhkan dengan presentasi gabungan antara daring dan luring. ARTJOG: RESILIENCE akan dilangsungkan dari 8 Agustus hingga 10 Oktober 2020 di www.artjog.co.id dan Jogja National Museum. Publik akan diajak menyaksikan presentasi audio visual yang akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati pameran seni. Selain itu, pameran secara fisik juga masih dapat disaksikan secara langsung dengan pembatasan jumlah pengunjung dan dengan prosedur kesehatan yang sesuai dengan arahan pemerintah.

Download
ARTJOG: RESILIENCE - Menakar Kembali Kegigihan dan Kebersamaan

Di masa pandemi apa yang bisa dilakukan oleh sebuah festival seni? Bagaimana sebuah festival seni harus dijalankan ketika kegiatan berkerumun justru dianggap membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia? Benarkah seni kehilangan fungsinya di masa pandemi? Benarkah seniman menjadi profesi yang paling tak dibutuhkan oleh masyarakat di tengah krisis hari ini? Sejauh mana ekosistem seni rupa Indonesia mampu bertahan di tengah badai yang tengah menerpa? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidaklah mudah untuk dijawab. Akan tetapi, tetap diam dalam atmosfer keterpurukan juga bukan sebuah jalan penyelesaian. Sejalan dengan mulai berlakunya tata kebiasaan baru, dan terinspirasi oleh semangat para seniman untuk terus berkarya di tengah keterbatasan, festival seni rupa kontemporer tahunan ARTJOG memberanikan diri untuk bergerak dengan penyelenggaraan sebuah edisi khusus bertajuk ARTJOG: RESILIENCE, di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta pada 8 Agustus hingga 10 Oktober 2020.

Download
Krisis Pandemi COVID-19 Mendorong Penjadwalan Ulang ARTJOG MMXX | time (to) wonder

Menyusul diberlakukannya masa tanggap darurat nasional yang disebabkan oleh pegeblug Covid-19 di Indonesia, festival seni rupa kontemporer ARTJOG telah memutuskan untuk menunda dan menjadwalkan ulang program-programnya. Sedianya, perhelatan edisi tahun 2020 (MMXX) yang mengusung tajuk time (to) wonder ini akan berlangsung pada 23 Juli - 30 Agustus. Namun, mengingat krisis layanan kesehatan nasional yang belum juga membaik, dan dampak pandemi global yang masih sangat sulit diprediksi hingga beberapa bulan ke depan, Heri Pemad Manajemen (HPM) selaku penyelenggara ARTJOG, akan menggeser waktu penyelenggaraan ARTJOG Arts in Common MMXX | time (to) wonder ke tahun 2021, sekaligus mencanangkan "edisi tanggap darurat" yang bertujuan merespon situasi yang melanda Indonesia saat ini.

Download
Closing ARTJOG MMXIX

Minggu, 25 Agustus 2019, ARTJOG MMXIX Festival Seni Kontemporer Internasional yang mengangkat tema Arts In Common: common|space resmi berakhir. Selama 32 hari ARTJOG telah berhasil menghadirkan presentasi total 122 karya dari 39 seniman seni rupa di Jogja National Museum.

Download
LeksiKon

ARTJOG MMXIX akan menghadirkan program baru, dalam fungsinya sebagai sarana edukasi publik yaitu LeksiKon. LeksiKon merupakan proyek yang bertujuan menghadirkan wicara seniman sebagai sajian edukasi yang kreatif, performatif, eksperimental, dan, yang paling penting; menginspirasi khalayak luas.

Download
Opening ARTJOG MMXIX

ARTJOG MMXIX resmi dibuka pada Kamis, 25 Juli 2019. Di tahun ini, ARTJOG dengan tegas memposisikan diri sebagai sebuah Festival Seni Rupa Kontemporer Internasional (Yogyakarta International Contemporary Art Festival). Diawali dengan VIP dan Media Preview di sore hari, ARTJOG dihadiri para pejabat negara, seniman dan pecinta seni, rekanan dan kolega serta awak media dari berbagai kota dan negara.

Download
ARTJOG MMXIX: Festival Seni Kontemporer Sebagai Sebuah Ruang Bersama

ARTJOG 2019 (selanjutnya ditulis ARTJOG MMXIX) akan kembali digelar pada 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Pada penyelenggaraannya yang ke-12, ARTJOG hendak memposisikan diri sebagai sebuah Festival Seni Rupa Kontemporer Internasional (Yogyakarta International Contemporary Art Festival) dan tetap mempertahankan Jogja National Museum (JNM) sebagai tempat penyelenggaraannya.

Download
ARTJOG MMXIX: common|spaces

The Kasultanan Ballroom, Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Perhelatan seni kontemporer ARTJOG ke-12 akan digelar sepanjang 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. ARTJOG 2019 (selanjutnya ditulis ARTJOG MMXIX) kembali menempati Jogja National Museum (JNM) untuk penyelenggaraan program-programnya.

Download