Nadiah Bamadhaj featuring Senyawa

Nadiah Bamadhaj (lahir 1968, Petaling Jaya, Malaysia) menetap di Yogyakarta, Indonesia. Berlatih sebagai pematung di Canterbury School of Fine Arts, Selandia Baru, dia menciptakan gambar kolase dari teknik khusus yang dia kembangkan selama bertahun-tahun. Repertoarnya juga mencakup patung, instalasi khusus situs, video digital, dan cetak. Dia pernah mengajar di Seni Rupa di Kuala Lumpur, menulis beberapa artikel dan publikasi tentang hak asasi manusia di Malaysia dan Indonesia, menerima dua hibah dari Asian Public Intellectual Fellowship dari Nippon Foundation pada tahun 2002 dan 2004, dan saat ini berada di dewan Yayasan Kebaya, sebuah Tempat penampungan tunawisma HIV/AIDS di Yogyakarta. Pada tahun 2019, sebuah buku survei 18 tahun berkaryanya 'Nadiah Bamadhaj' diterbitkan oleh SKIRA yang berbasis di Italia, dan karyanya baru-baru ini masuk dalam ‘Vitamin D3: Today’s Best in Contemporary Drawing’ yang diterbitkan oleh PHAIDON yang berbasis di London. Karyanya saat ini berfokus pada seluk-beluk sosial kehidupan dalam masyarakat Indonesia, menggunakan tokoh, flora dan fauna, motif batik, mitologi, dan arsitektur untuk mengartikulasikan pengamatannya.
Karya ini terinspirasi oleh kisah Calon Arang yang hidup di Kediri Jawa Timur pada abad ke-12 di Kerajaan Erlangga. Dia memiliki reputasi sebagai janda dan penyihir yang menakutkan. Karena reputasinya itulah, tidak ada seorangpun yang berani meminang putrinya untuk menikah. Atas alasan itulah, Calon Arang mendatangkan wabah ke Kerajaan Erlangga, ribuan rakyat mati karenanya.
Karya ini melihat seksisme di masa lampau, dari cerita Calon Arang. Jika ada seorang janda (baik karena sudah tidak suci lagi maupun belum menikah) atau karena sudah lanjut usia (tidak lagi menarik atau reproduktif secara seksual), seseorang itu adalah, seperti yang disebutkan dalam banyak dongeng dan cerita rakyat, adalah seorang penyihir: pertanda kekacauan tatanan sosial.
Terganggunya tatanan sosial umumnya dianggap sesuatu yang disebabkan oleh perempuan — jika mereka aktif secara seksual sebelum menikah, jika mereka aktif secara seksual di luar nikah, jika mereka menopause dan tidak lagi diinginkan secara seksual — semua pilihan ini menyiratkan satu sosok yang, setiap saat, bisa berubah menjadi pertanda kekacauan. Jika salah satu dari pilihan ini diambil oleh laki-laki, tidak ada kesamaan konsekuensi yang berlaku.
Dalam karya ini, saya menegaskan bahwa perempuan tua yang terinspirasi oleh Calon Arang ini telah mendatangkan wabah bagi “kerajaan” karena secara konsisten ia digambarkan dengan cara cara negatif, karena usianya. Dia bosan dengan standar ganda seksis patriarki - bahwa hal negatif yang diterapkan pada seksualitasnya tidak diterapkan pada pria, dan bahwa representasi keadaan menopausenya lebih sering dikaitkan dengan sihir dan kekacauan. Dan karena alasan itulah dia telah menyebarkan wabah ke tanah ini dalam bentuk virus.
(Perempuan yang ada dalam karya ini sudah memberikan persetujuannya untuk direpresentasikan dalam gambar ini, terutama untuk dipamerkan di ARTJOG 2021.)