Meet The Artist #1

Oleh : Jompet Kuswidananto
Senin, 9 Agustus 2021 | 19.00

Love is A Many Splendored Thing

Jompet Kuswidananto adalah Commissioned Artist ARTJOG MMXXI. Zulfian Amrullah adalah Associate Artistic Director ARTJOG. Mereka berdua akan berbincang bersama tentang karya "Love is A Many Splendored Thing". Bagaimana Jompet hendak menghadirkan romantisisme dalam sejarah Indonesia. Sejarah tentang penaklukan, tentang kehancuran, tentang perlawanan, tentang perjuangan, tentang kekalahan, dan tentang kemenangan. Tentang apa yang sebenarnya kita rayakan.

Meet The Artist #2

Oleh : Nadiah Bamadhaj
Senin, 16 Agustus 2021 | 19.00

The Reckoning

Selama ini Nadiah dikenal dengan karya-karya yang sarat dengan kritik atas situasi sosial budaya yang timpang dan senjang, dengan menggunakan teknik kolase dan drawing yang telah digelutinya selama belasan tahun, Karyanya dalam ARTJOG MMXXI "The Reckoning" terinspirasi oleh Calon Arang, sebuah cerita rakyat Jawa dan Bali. Dalam sesi ini, Nadiah akan bicara tentang ide-ide di balik karya tersebut, dalam kaitannya dengan seksisme, standar ganda, dan patriarki yang telah lama mengakar di dalam tatanan sosial kita.

Meet The Artist #3

Oleh : Sirin Farid Stevy dan Agung Kurniawan
Senin, 23 Agustus 2021 | 19.00

Bagaimana jika dua orang seniman dari dua generasi berbeda dipertemukan untuk berbincang dan saling melempar komentar satu sama lain?

Di antara belasan karya dalam ARTJOG MMXXI Time (to) Wonder yang mempersoalkan sejarah dan ingatan kolektif, instalasi Sirin Farid Stevy dan Asto Puaso, Dongo Dinongo Reactor (2021), dan instalasi Agung Kurniawan, Maukah Engkau Menari denganku Sekali ini Saja? (2021) berangkat dari narasi tentang genosida sepanjang 1965-1966 yang hingga kini masih kelam dan penuh misteri. Mengapa narasi ini begitu menarik untuk kedua seniman? Pesan-pesan apa yang mereka ingin sampaikan?

Dalam Meet the Artists kali ini, Agung (lahir 1968) dan Sirin (1982) akan terlebih dahulu menghantarkan kita pada penjelasan tentang karya mereka masing-masing, sebelum akhirnya bertanya jawab satu sama lain. Sesi ini akan dimoderatori oleh Muhammad Abe.