Artcare merupakan gerakan sosial yang diiniasi oleh komunitas Soboman 219, dari Yogyakarta. Sebagai komunitas yang mempunyai peran pada aktivitas sosial, Artcare pertama kali bergerak pada saat bencana gempa mengguncang Yogyakarta pada tahun 2006.

Tahun 2019 lalu, dunia dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat, sehingga Artcare kembali hadir dengan spirit kemanusiaan untuk membantu sesama. Bentuk partisipasi seniman adalah dengan menyajikan karya gambar maupun lukisan diatas kanvas dan kertas berukuran kecil untuk kemudian dijual sebagai paket karya. Selain paket karya , ada juga seniman yang menyajikan karya mandiri.

Kegiatan Artcare berlanjut di tahun 2020, 2021 dan 2022 dengan format yang sama, dan semakin banyak seniman yang terlibat. Situasi ini menggambarkan semakin naiknya empati seniman pada aktivitas sosial. Sejak tahun 2020, Artcare dikelola oleh Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya dan dihelat bersamaan dengan penyelenggaraan ARTJOG.

Hasil penjualan karya akan didonasikan kepada pihak yang membutuhkan pada saat ini, baik seniman maupun masyarakat luas.

PAKET KARYA

KARYA FORMAT B

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi art.careindonesia@gmail.com