Ayurika

Ayurika lahir pada 1996 di Grobogan (Jawa Tengah). Ia belajar di Minat Utama Seni Lukis, Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta. Menetap di Yogyakarta.

Lukisan-lukisan Ayurika berfokus pada tubuh perempuan. Tubuh tidak dihadirkan secara natural dengan sudut pandang atau jarak yang dapat melahirkan kesan keindahan, melainkan sebagai realitas sangat dekat seakan kita dapat memasukinya. 

Karya Ayurika menghadirkan realitas ketubuhan, bukan sekadar citra tentang tubuh. Realitas ketubuhan ini menantang cara melihat tubuh sebagai apa adanya, bukan mengidealisasi atau memitoskannya. Idealisasi atau mitos tubuh biasanya terkait dengan bentuk tubuh perempuan sebagai objek tatapan atau wacana keindahan. Sebaliknya, realitas ketubuhan menghadirkan makna, baik melalui pengalaman atas tubuh sendiri atau tubuh lain. Bagi Ayurika, tubuh perempuan sebagai realitas ketubuhan dapat dipetakan sebagai lanskap penuh tanda, berdimensi waktu dan alam, seperti proses alamiah dalam persalinan.

Ayurika menulis perihal realitas ketubuhan ini: ''Tubuh yang sempurna adalah tubuh dengan tekstur kulit halus, proporsional, bahkan simetris. Jika tidak halus, non-proporsional dan asimetris tubuh akan dilihat seperti bilangan ganjil, tidak utuh atau cuil dan dianggap mengurangi nilai keindahannya.... Tiap jengkal tubuh manusia dapat dimaknai sebagai bahasa. Lipatan, kerutan, tonjolan dan lain sebagainya membentuk garis yang menjelma menjadi aksara dan tanda tertentu yang sering kita abaikan. Tanpa sadar manusia sering mengabaikan aspek penting dalam melihat tubuh, yaitu makna historis, filosofis dan spiritual yang membuat manusia dewasa ini cenderung puas hanya dengan keindahan artifisial.''


Variation for Breaths
Performance and Sound composition
variable dimensions
2021