Morris Abdul Rauf Guevara

Morris Abdul Rauf Guevara (Morris), lahir di Yogyakarta 21 Februari 2009. Saat ini masih menempuh pendidikan di SMP (SKB - Sanggar Kegiatan Belajar), Sewon, Bantul. Moris memiliki beberapa kegemaran, seperti melukis, membaca, nonton pameran dan diskusi seni rupa, dan mengoleksi barang antik. Moris juga memiliki kemampuan tambahan yaitu membuat patung.
“Di lukisan ini saya menggambarkan proses makhluk di muka bumi mengarungi kehidupan. Sosok yang dilukiskan menyajikan pemahaman siapa yang terkuat, terdepan atau berpengaruh. Sekaligus mempertanyakan letak nilai-nilai kebajikan demikian mudah dilanggar dan terabaikan demi sebuah eksistensi.”
Sebuah perenungan saya yang harapannya mampu membawa kesadaran baru. Kemajuan teknologi yang ditasbihkan sebagai penanda zaman beralih fungsi ketika kecanggihan alat telekomunikasi mulai menggeser interaksi sosial secara langsung dengan orang orang yang kecanduan smartphone, khususnya selfie. Saya mengadopsi karya Delacroix untuk menghadirkan kembali dalam fragmen satir gadis yatim piatu di pemakaman yang membungkus rasa kesedihan, kesendirian dengan selfie. Ambang batas antara duka dan suka itu sendiri menjadi semakin absurd.