Sekarputi Sidhiawati

Sekarputi Sidhiawati, lahir di Jakarta 1986.
Mengambil pendidikan formal di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB-Studio Seni Keramik. Dia juga dikenal sebagai pendiri sanggar Arta Derau, sembari konsisten berkiprah di dunia seni rupa. Setelah bekerja di Bandung, pada tahun 2018 dia pindah ke Bali untuk mengembangkan bisnis studio keramiknya. Dengan isu-isu yang berhubungan dengan perempuan, Puti berhasil menjadi finalis untuk beberapa penghargaan seni rupa seperti Soemardja Art Award (2010) dan Bandung Contemporary Art Award 2013. Dia juga telah berpartisipasi dalam beberapa pameran bergengsi, termasuk Biennale Keramik Kontemporer Jakarta, Galeri Nasional Indonesia (2014); Temperature Affect, Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta (2017); Manifesto, Galeri Nasional Indonesia (2017); Termasuk, Galeri Darren Knight Australia (2018); Southern Constellations: The Poetics of the Non-Aligned, Museum of Contemporary Art Metelkova, Ljublana-Slovenia (2019), Indonesia Calling, 16Albermerle, Sydney (2020). Dia mengadakan pameran tunggal Derau/Tinggal (tahun 2018) dan Your Existence Gives Me Hope (2019), keduanya diadakan di Bali.
Heartquake adalah soal getaran dari dalam diri yang terpicu oleh suatu panggilan personal. Getaran itu tidak akan datang pada momen yang tepat, jika kita tidak berusaha menciptakan momen tersebut. Momen itu akan hadir ketika ada kehadiran yang memicu gerakan pada benda-benda keramik pada dinding.

Intensitas suara dari getaran buku-buku keramik ini mungkin mengingatkan kita pada gempa yang terjadi di dalam rumah. Pada saat-saat genting, kita memang harus keluar meninggalkan rumah untuk menyelamatkan diri.