Bonggal Jordan Hutagalung

Kelahiran Yogyakarta, 1988, alumni Seni Keramik ITB 2006 ini bekerja menggunakan material keramik sebagai medium primernya. Mengambil peran sebagai juru catat mengenai hidup sehari-hari, termasuk autokritik menyoal seni rupa kontemporer.
Dalam perkembangan wacana sejarah dan navigasi seni di era ini, Bonggal mencoba untuk mempertanyakan arah pembentukan sejarah seni yang diduganya secara proaktif menciptakan kebingungan kolektif. Dalam karya ini ia menghadirkan kembali pemikiran yang berasal dari berbagai zaman, baik dari dalam dan luar dunia seni rupa. Penyajian bahasa yang pesimis sekaligus realistis.

Ia mencoba untuk meracik stimulan kognisi yang diwujudkan dalam wujud prasasti bermedium keramik ini. Secara formal ia terinspirasi oleh wujud batu prasasti yang dapat bertahan sebagai media komunikasi hingga puluhan generasi dan mampu mengkonservasi pesan yang dirasa penting. Dipadukan dengan apropriasi desain grafis yang ditemukannya di internet. Secara khusus, pemakaian langgam desain grafis dilatarbelakangi kekuatannya sebagai bahasa rupa yang paling lugas dalam menyampaikan pesan. Medium keramik menjadi pilihan terbaik untuk mengutarakan sesuatu yang timeless tapi juga rapuh, cocok untuk nilai-nilai yang saya hadirkan ulang di tengah status quo.