Nurrachmat Widyasena

Nurrachmat Widyasena (lahir 1990) adalah seniman Indonesia yang tinggal dan bekerja di Bandung, Indonesia. Mengambil jurusan seni grafis di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, dia berkarya terutama menggunakan teknik terapan seni grafis, instalasi dan lukisan. Karya-karyanya mengeksplorasi gagasan seputar seni retro futurisme, di mana ia mencoba berdiri di persimpangan antara realitas dan fantasi.
Pada September 2019, PT Besok Jaya, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi mutakhir, telah meluncurkan proyek Operasi Taimket. Penggagas proyek ini, Mas Ito, menyebutnya sebagai sebuah misi seseorang dari Dunia Ketiga di Asia yang terbelakang, namun memiliki ambisi menyaingi pencapaian teknologi bangsa asing dengan cara menembus ruang dan waktu. Pada tahap awal operasi ini, PT Besok Jaya berhasil menciptakan sebuah purwarupa mesin waktu yang dinamakan Taimket WP-01.

Selepas kesuksesan peluncuran Taimket WP-01, Mas Ito sebagai CEO dan pendiri PT Besok Jaya memutuskan untuk menguji mesin tersebut dengan melakukan lompatan waktu kurang lebih selang 1 tahun ke masa depan. Berangkat pada 31 Desember 2019 di Kanayakan, Bandung, mesin ini berhasil melakukan lompatan ruang dan waktu yang direncanakan jatuh di tanggal dan lokasi yang sama pada tahun 2020. Akan tetapi, alhasil, misi itu mengalami kegagalan. Mesin tersebut malah membawanya tiba pada 20 Mei 2021 di Yogyakarta.

Kita tahu bahwa 2020 merupakan tahun yang “istimewa”. Pada pameran ini, Mas Ito, yang kehilangan momen-momen pada tahun 2020, mencoba mengumpulkan kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tahun tersebut.