Lintang Radittya

Lintang Radittya adalah perakit instrument dan seniman yang menetap di Yogyakarta. Berlatar belakang Studi Komunikasi (Ilmu Sosial dan Politik) dan Skenografi Teater, memiliki ketertarikan dengan elektronik analog, relasi bunyi dan fantasi, noise, ketidakteraturan, dan futurisme jawa. Menginisiasi Kenali Rangkai Pakai dan Sythesia-ID sebuah proyek yang berfokus kepada penelitian, dan pengembangan serta pengarsipan budaya d.i.y synthesizer di Indonesia.
Secara etimologi, Theorema Pedaphony dirujuk untuk menafsir dalil atas bebunyian yang dihasilkan atau berasal dari Tanah. Tanah yang dimaknai secara geologis, maupun tanah yang dikaitkan dengan wilayah dan asal usul.

Lintang Radittya dalam investigasinya dengan ruang alam, soundscape, memori kolektif atas kejadian yang erat dikaitkan dengan situs tertentu menciptakan pertalian gagasan yang diwujudkan secara idiosinkratik di karya ini. Ia menciptkan karya instalasi yang beroperasi sebagai mesin decoding sample tekstur tanah yang dikumpulkan dari berbagai tempat di Yogyakarta. Tempat dan tanah yang dipilih, secara berkaitan memiliki latar kisah yang berkaitan dengan perebutan kekuasaan, peristiwa budaya, dan kejayaan di masa lampau. Di dalam karya ini, ia menyajikan bebunyian yang ditafsir secara kerja mesin atas kumpulan material tanah. Bebunyian ini mengisahkan Kembali memori yang tumbuh di atas dan didalam tanah dalam sebuah simfoni bunyi yang sintetik dan organik