J. Ariadhitya Pramuhendra

J. Ariadhitya Pramuhendra lahir di Semarang, 1984. Lulus dari Fakultas Seni Rupa, Jurusan Seni Grafis, Institut Teknologi Bandung, ini dikenal dengan karya-karyanya yang memaksimalkan spektrum warna hitam putih, menghadirkan nuansa kuno dan kesan nostalgia. Banyak karya Pramuhendra berupa pengerjaan ulang foto-foto lama dan arsip mempresentasikan dalam tampilan besar dan seringkali monumental, menggunakan kanvas dan kertas. Ekspresinya sering dipenuhi dengan pertanyaan abadi tentang identitasnya, melalui penampilan berbagai simbol, narasi, dan ikon dalam tradisi Kristen.
The Monument adalah bagian dari rangkaian karya Pramuhendra The Memories, yang telah digarapnya selama beberapa tahun terakhir. Mengambil inspirasi dari karya pelukis Perancis Eugene Delacroix, Liberty Leading the People (1830), karya ini adalah sebuah homage atau penghormatan yang bermakna ganda bagi Pramuhendra. Yang pertama adalah penghormatan pada gagasan tentang ‘kebebasan’ yang dinarasikan oleh lukisan aslinya.

Penghormatan yang kedua berhubungan dengan kenangan Pramuhendra pada almarhum ayahnya, yang pertama kali memperkenalkan Pramuhendra kecil pada lukisan-lukisan para maestro Eropa. Kenangan-kenangan tentang sang ayah, pemimpin dalam keluarganya, beririsan dengan gagasan tentang kebebasan pada masa Revolusi Perancis, justru diusung melalui kepemimpinan seorang dewi.